Memasuki usia yang kelima atau Lustrum Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia ( APJIKI ) menggelar rangkaian webinar bertema ‘Peningkatan Kapasitas Dosen melalui Tata Kelola Penerbitan Artikel di Jurnal Ilmiah’. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari dari 17-18 Februari 2022 atas kerjasama APJIKI dengan Universitas Islam Bandung, UNISBA PRESS, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Hari pertama acara refleksi Lustrum APJIKI diketuai oleh Fizzy Andriani dari FIKOM Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Sementara, acara webinar dibuka secara resmi oleh Ketua Umum APJIKI yang juga Dosen Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR Dr. Puji Lestari, M.Si.

Lustrum APJIKI, Kemenristekdikti: Dorong Peneliti Agar Menghasilkan Artikel yang Berkualitas

Puji Lestari menambahkan,acara tersebut akan memberikan pencerahan bagaimana menulis artikel yang baik guna kenaikan pangkat jabatan fungsional. “Webinar kali ini membahas tentang bagaimana meningkatkan kapasitas sumberdaya dosen melalui tata kelola penerbitan artikel di jurnal ilmiah,” kata Dr. Puji dalam keterangan pers, Kamis (17/2/2022).

Narasumber pertama Prof. Sutikno, Tim Validasi dan Penilai Usulan Kenaikan Pangkat dan Jabatan Akademik Dosen ke Lektor dan Profesor, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Prof. Sutikno mengatakan, fokus perhatian dalam sebuah publikasi haruslah memiliki penelitian yang luar biasa dan padat pengetahuan. Penelitian, kata dia, sebaiknya interdisiplinear dan terintegrasi dan tidak kalah pentingnya adalah bagaimana integrasi dan etika yang baik dari para peneliti. Lebih lanjut ia menambahkan, APJIKI memiliki peran strategis dalam pengembangan jurnal yang ada di Indonesia, khususnya jurnal di bidang ilmu komunikasi, “APJIKI memiliki peran dalam merancang dan meningkatkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan dalam mengelola penerbitan artikel ilmiah, selain itu peran APJIKI dapat mendorong para peneliti-peneliti agar menghasilkan artikel yang extraordinary research dan berkualitas” Ujar Sutikno.

Dan pada hari kedua, Asosiasi Penerbit Jurnal Komunikasi Indonesia (APJIKI) mengadakan Workshop dengan tema ‘Tahapan Indeksasi Jurnal ke Web of Science’. Acara diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Ketua Umum APJIKI Dr. Puji Lestari mengatakan, komitmen pengelola jurnal dalam peningkatan kualitas jurnal sangat dibutuhkan. Menurutnya, mengelola jurnal tidaklah mudah. Butuh kemauan, kegigihan dam ketekunan dalam mengelolanya. “Kita butuh belajar dan saling mendukung serta memacu para pengelola jurnal guna ke tahap yang lebih tinggi atau ke tahap internasional,” ucap Puji, Jumat (18/2/2022).

Pada sesi ini Faizal Risdianto memaparkan bahwa Web of Science (WOS) adalah layanan pengindeksan sitiran ilmiah berbasis langganan daring, selain itu WoS merupakan salah satu database rujukan global terbesar dan paling terkemuka.

“Web of Science atau WOS stronger in humanities than scopus:atau lebih kuat dalam bidang humaniora, merupakan serta salah satu turunan produk Clarivate Analytics adalah Publons, yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh pengelola jurnal ilmiah guna mencari mitra bestari (scientific journal reviewer) berdasarkan riwayat dan merit system,” Ujar faizal.

Kegiatan workshop ini terselenggara atas kerjasama APJIKI dengan Universitas Islam Bandung, UNISBA PRESS, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Kegiatan yang berlangsung selama lim jam ini berlangsung sangat interaktif dan dihadiri oleh 81 peserta dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia.  

Sumber:

2 Thoughts to “Lustrum APJIKI yang ke-5 adakan Webinar bertema ‘Peningkatan Kapasitas Dosen melalui Tata Kelola Penerbitan Artikel di Jurnal Ilmiah’”

  1. F*ckin’ tremendous things here. I’m very satisfied to peer your article. Thank you a lot and i’m having a look forward to contact you. Will you kindly drop me a mail?

  2. There are some interesting closing dates on this article but I don’t know if I see all of them heart to heart. There is some validity however I will take maintain opinion till I look into it further. Good article , thanks and we wish extra! Added to FeedBurner as properly

Leave a Comment