Sebanyak 1.074 karya tulis ilmiah dosen dan mahasiswa Unisba dipublikasikan dalam Seminar Penelitian Nasional Sivitas Akademika (Spesia) Gelombang I.

Kegiatan yang bertemakan “Tantangan Lulusan Perguruan Tinggi di era new normal” diselenggarakan secara kombinasi daring dan luring yakni online melalui Zoom Meeting dan offline di Aula Unisba Senin, 16 Agustus 2021

Karya tulis ilmiah tersebut berasal dari sejumalh prodi/fakultas, yakni Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru PAUD, Ilmu Hukum, Psikologi , Statistika, Matematika , Farmasi, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Manajemen.

Wakil Ketua Pelaksana Spesia Gelombang I, Arif Nurrahman, ST., MT., mengatakan, kegiatan ini merupakan prasyarat yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa yang akan mengikuti wisuda dengan membuat dan mempresentasikan makalah ilmiahnya di Spesia.

“Selain itu menurutnya, kegiatan ini sebagai upaya kita untuk mencegah dan menanggunalangi plagiat karya ilmiah,” jelas Arif.

Dikatakan, Spesia yang akan diselenggarakan nanti merupakan tahun kedelapan setelah pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2014.

Sementara itu, Rektor Unisba, Prof. Edi Setiadi mengatakan kegiatan Spesia merupakan kegiatan akademik Unsiba. Ia berharap dengan adanya Spesia ini bisa meningkatkan prestasi universitas. Baik yang dinilai atau diranking oleh pendidikan tinggi (dikti) maupun oleh lembaga lainnya.

“Sebab, publikasi jurnal ilmiah karya dosen dan mahasiswa seperti ini akan menambah nilai dalam penilaian dan kinerja sebuah universitas. Ini sangat penting. Makanya saya apresiasi dengan kegiatan ini dan karya ilmiah para dosen dan mahasiswa,” jelas Edi.

Mahasiswa yang ikut terlibat dalam Spesia katanya adalah mereka yang sudah lulus mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Karena pandemi, mereka belum melaksanakan wisuda. Jika pandemi berakhri tahun ini, mereka akan diwisuda pada Februari tahun 2021.

Leave a Comment